Pekon Sidokaton

Kec. Gisting, Kab. Tanggamus
Prov. Lampung

Loading

Pekon Sidokaton

Tahun Baru 2023

  • Hari
  • Jam
  • Menit
  • Detik
Info
Selamat Datang di Layanan Primer Pekon Sidokaton Kecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus Lampung. UNTUK INFORMASI PRODUK PEKON KAMI SILAHKAN HUBUNGI WHATSAPP 085839052612

Berita Pekon

Komentar Terbaru

Desa Sidokaton terletak dilereng Gunung Tanggamus tepatnya dikecamatan Gisting Kabupaten Tanggamus, awal mulanya Desa Sidokaton Bernama Dusun Tanggamus ( Dusun IX ) yang  meng-induk pada Desa Gisting Bawah Kecamatan Gisting,  Desa Sidokaton mengajukan pemekaran pada Tahun 2004 dan dimekarkan dari Desa Gisting Bawah Tahun 2006 berdasarkan Perda No : 11  Adapun Panitia Pemekaran tersebut, yaitu :

  • Pelindung    : Kepala Dusun / Suku
  • Penasehat   : Sesepuh,Tokoh Masyarakat,Tokoh agama
  • Ketua 1        : Wardoyo
  • Ketua 2        : Indrio Basuki
  • Sekertaris 1 : Mukrim
  • Sekertaris 2 : Yudi Pratikno
  • Bendahara   : Sutoto

Sebagai generasi penerusnya kini Desa Sidokaton memiliki Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Pemuda, Tokoh Agama dari para ulama-ulama yang cukup soleh.  Kemajuan Desa Sidokaton memang belum maju seperti halnya Desa-Desa yang lain atau keramaian kota yang sangat pesat.  Namun semangatnya dari anak-anak di Desa Sidokaton tidak mudah patah, sampai pendidikan yang tersedia di desa.  Mereka berani mengadu otak diperkampungan yang cara pendidikannya sudah sangat maju, meskipun harus dengan perjuangan keras dan harus prihatin yang tinggi, alhamdulillah yang berani mengambil langkah demikian, mayoritas mencapai keberhasilan yang memuaskan, bahkan sampai ada yang menjadi Anggota DPRD,Perawat,Wartawan,Pengusaha dan tenaga pendidik atau guru.

  Masyarakat Sidokaton mayoritas berpenghasilan dari perkebunan (Kakao (Coklat), Kopi,), buah Alpukat,Pisang,Pepaya,Pala ),Ternak (kambing,Sapi,Ayam), Sayuran (Kubis,Sawi,Tomat,Cabe,Buncis,dll) Gula Semut,Gula Merah ( Gula Aren,Gula Kelapa ).

Dari segi letak geografis Desa Sidokaton memiliki iklim sejuk dan memiliki pemandangan indah karena terletak dilereng Gunung Tanggamus dan bisa nikmati pemandangan Pegunungan serta menikmati udara segar pegunungan.

Berdasarkan cerita dari salah satu narasumber, yakni Bapak Solihin bahwa pada tahun 1930 atau saat beliau dating dari Jawa ke Lampung di Dusun Tanggamus sudah di huni oleh beberapa  orang yang juga datang dari Jawa. Menurut para pendahulu beliau dusun Tanggamus terbentuk pada tahun 1919, yang dahulunya masih hutan belantara.

 

Awal mulanya ada sekelompok orang yang datang dari Jawa membuka hutan tersebut untuk pemukiman dan lahan pertanian. Sesepuh dari sekelompok orang tersebut bernama Bapak Saibah. Pada saat itu dusun tanggamus dijadikan perkebunan Koloni Belanda dan diberi nama tanggamus dan pernah oleh sesepuh diberi nama Sidokaton tetapi tak terpakai tetap terkenal dengan nama Tanggamus.

Nama Sidokaton mulai dipakai pada saat resmi mekar dari pekon induk Gisting Bawah karena oleh pemda tidak boleh memakai nama tanggamus karena menyamai nama kabupaten tanggamus,oleh karena itu nama Sidokaton diambil berdasarkan pemberian nama sesepuh dulu dan pemerintah Pekon sidokaton pertama dipimpin oleh PJS Bapak Abdullah selama 6 bulan,setelah itu dipimpin Oleh Bapak Suyud  sebagai kepala pekon terpilih dari tahun 2013 sampai dengan 2019, dari bulan september 2019 dipimpin  oleh Pj Kepala Pekon Bapak Anas Kuri  S.Kom, dan sejak bulan januari 2021 dipimpin oleh bapak Indriyo Basuki  sebagai kepala Pekon terpilih sampai sekarang.

 

Beri Komentar

Pekon

766

LAKI-LAKI

766LAKI-LAKI penduduk

696

PEREMPUAN

696PEREMPUAN penduduk

1.462

TOTAL

1.462TOTAL penduduk

Layanan
Mandiri

Hubungi Aparatur Pekon untuk mendapatkan PIN

Aparatur Pekon

Kepala Desa

INDRIYO BASUKI

Sekretaris Desa

YUDI PRATIKNO

Kaur Keuangan

MUHAMMAD RIFAI

Kasi Kesra

MARSUDI

Kaur Umum

RIA AFRIYANTI

Kasi Pemerintahan

Firda Ayu

Kaur Perencanan Pembangunan

KAMISAN

Kasi Pelayanan

PONIJO

Kepala Dusun 1

SUPRAPTO

Kepala Dusun 2

IKHSAN

Kepala Dusun 3

SUBARDI

Kepala Dusun 4

SRI MANINGSIH

Staff dan Operator Sv

HASAN YULIANTO

Staff dan Operator Sv

ROSYID BOFIANNURDIN

Statistik
Agenda

Untuk sementara, belum ada agenda yang akan dilaksanakan.

Terdahulu

Rapat bulanan

Tgl : 02 Juni 2023 00:03:58
Tempat : Ruang rapat
Koordinator :
Komentar
Statistik Pengunjung
Hari ini:13
Kemarin:182
Total Pengunjung:144.495
Sistem Operasi:Unknown Platform
IP Address:3.145.97.248
Browser:Mozilla 5.0

Transparansi Anggaran

APBDes 2023 Pelaksanaan

APBDes 2023 Pendapatan

APBDes 2023 Pembelanjaan

Aparatur Pekon

INDRIYO BASUKI

Kepala Desa

YUDI PRATIKNO

Sekretaris Desa

MUHAMMAD RIFAI

Kaur Keuangan

MARSUDI

Kasi Kesra

RIA AFRIYANTI

Kaur Umum

Firda Ayu

Kasi Pemerintahan

KAMISAN

Kaur Perencanan Pembangunan

PONIJO

Kasi Pelayanan

SUPRAPTO

Kepala Dusun 1

IKHSAN

Kepala Dusun 2

SUBARDI

Kepala Dusun 3

SRI MANINGSIH

Kepala Dusun 4

HASAN YULIANTO

Staff dan Operator Sv

ROSYID BOFIANNURDIN

Staff dan Operator Sv